8 Tips Saat Melamar Kerja yang Jitu

Lukas Gentara | 9/27/2010 01:29:00 PM | 0 comments

Anda yang belum memiliki pekerjaan, melamar kerja adalah hal yang mungkin harus dilakukan. Banyak sekali kita sebagai pelamar salah langkah saat melamar ke suatu perusahaan. Dan kebanyakan dari kesalahan tersebut berakibat fatal dan menimbulkan kerugian bagi Anda dan juga pelamar yang lain. Bagi Anda yang ingin sukses dalam melamar, berikut adalah 8 trik jitu melamar kerja yang dahsyat yang mungkin Anda butuhkan dalam melamar.


1. Jangan terlihat kita tidak mempunyai pengalaman.
Banyak sekali para pelamar yang baru tidak mencantumkan pengalaman di kolomnya. Tapi bagi Anda yang baru pertama kali melamar dan belum pernah berpengalaman dalam bekerja. Cobalah Anda mencantumkan pengalaman Anda di saat sekolah dan juga di lingkungan rumah Anda.

2. Jangan terlalu merendahkan diri sendiri.
Disaat interview sering sekali pewawancara disuruh menceritakan sesuatu tentang diri pelamar dan kebanyakan pelamar hanya menjawab “Saya adalah orang yang biasa-biasa saja”. Sebanarnya itu adalah jawaban yang salah. Jika Anda ditanya seperti itu sebaiknya Anda menceritakan semua kelebihan yang Anda miliki dari orang lain. Jika Anda menjawab terlalu merendah, itu berarti Anda tidak percaya dengan kemampuan diri sendiri.
3. Tunjukkanlah Anda mempunyai ambisi.
Ambisi merupakan pertimbangan seberapa besar Anda motivasi untuk bekerja. Karena karyawan yang mempunyai ambisius lebih menguntungkan perusahaan.

4. Buatlah CV yang rigkas dan padat.
Jangan mengharapkan bahwa pewawancara akan membaca seluruh CV yang Anda berikan kepadanya. Yang kebanyakan terjadi adalah pewawancara malas untuk membaca CV yang Anda buat, malah untuk mengintipnya saja sangat canggung. Sebaiknya pisahkan CV menjadi 2 bagian. Bagian pertama berisi ringkasan diri dan professional Anda. Bagian kedua adalah bagian data diri lengkap Anda.

5. Jangan “gampangan”.
Pastikan Anda menuliskan secara jelas posisi yang Anda inginkan. Misalnya jika Anda melamar sebagai posisi desainer. Jangan menyerah jika Anda hanya ditawari posisi staff biasa yang bukan posisi yang Anda incar. Pesan yang konsisten dapat menunjukan bahwa Anda mempunyai kepribadian yang fokus dan konsisten.

6. Berpenampilan yang sopan tapi Anda bisa menikmati penampilan yang Anda pakai.
Maksudnya, datanglah ke tempat wawancara dengan busana rapih dan juga professional dan tentu saja sesuai dengan kepribadian Anda. Satu hal yang paling penting adalah jangan memakai pakaian yang Anda tidak suka/ tidak sesuai dengan kepribadian anda karena dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dalam diri Anda.

7. Santai.
Wawancara memang beda dari yang lain, namun cobalah untuk tidak menempatkan hal ini sebagai sesuatu yang bisa merusak pikiran Anda dan rasa percaya diri Anda. Selama proses wawancara cobalah Anda tetap menjaga kontak mata dengan pewawancara, dan jawablah pertanyaan yang diberikan dengan Anda yang pasti dan tempo yang sedang. Sesekai lemparlah senyum dan tertawa santai juga bisa menimbulkan kesan bahwa Anda memiliki kepribadian yang hangat dan bersahabat.

8. Ajukanlah pertanyaan.
Pada akhir wawancara seringkali pewawancara memberikan satu kesempatan kepada kita untuk mengajukan pertanyaan tentang perusahaan. Jika Anda diberikan kesempatan seperti itu. Cobalah Anda bertanya yang mugkin Anda belum mengerti dan Anda belum tahu tentang perusahaan tersebut, karena pertanyaan Anda bisa menjelaskan seberapa besar kualitas dan seberapa besar Anda mengenal perusahaan tersebut.

Demikian 8 trik jitu melamar kerja yang dahsyat yang bisa Anda pakai di saat Anda melamar pekerjaan disuatu perusahaan. Semoga bermanfaat.

Category:

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

0 comments