Bongkahan Es Raksasa Greendland Akibat Global Warming

Lukas Gentara | 11/03/2010 01:43:00 PM | 0 comments

Global warming - Bongkahan Es Raksasa Lepas Dari Greenland
Sebuah bongkahan es seukuran empat kali dari kota Manhattan lepas dari pulau Greenland. Kejadian ini adalah yang terbesar di Arktik dalam lima puluh tahun terakhir.

Dalam waktu dekat, pecahan es raksasa tersebut akan memasuki wilayah laut Terusan Nares, sekitar 620 mil selatan Kutub Utara antara Greenland dan Kanada.

"Luas dari pecahan es raksasa tersebut adalah sekitar 260 kilometer dan ketebalannya adalah setengah dari tinggi gedung Empire State," kata Andreas Muenchow, professor dari University of Delaware, seperti yang dikutip dari Scientific American, Senin (9/8/2010).

Muenchow mengatakan, ia telah menduga kalau pecahan es tersebut berasal dari Glesier Petermann, satu dari dua pulau di Greenland karena pulau tersebut telah bertambah besar dalam kurun waktu delapan tahun terakhir. Tapi ia tidak menduga bakal sampai sebesar ini.

Dia juga mengatakan bahwa sulit untuk menjawab penyebab dari kejadian ini. Apakah akibat pemanasan global atau bukan. Air dibawah glesier adalah salah satu faktor mengapa bongkahan es tersebut lepas dari Greenland.

Para ilmuwan mengatakan bahwa enam bulan pertama pada tahun 2010 adalah waktu-waktu terpanas di bumi. Cuaca El Nino juga adalah salah satu penyebab tingginya suhu, tapi banyak juga ilmuwan yang mengatakan bahwa bertambahnya rumah kaca adalah satu penyebabnya.

Namun pecahan es raksasa tersebut bisa terbelah menjadi pecahan-pecahan yang lebih kecil, atau bergerak perlahan ke selatan, dan bisa menghambat jalur pelayaran.

Category:

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

0 comments