Hewan Ternak Pengungsi Merapi Dibeli Pemerintah

Lukas Gentara | 11/09/2010 02:31:00 PM | 0 comments

ternak korban merapi
Berita merapi terbaru - Info merapi terkini - Merapi hari ini: Pemerintah Beli Ternak di Radius 20 KM Merapi
Agar masyarakat tidak terlalu memikirkan lagi nasib ternak-ternak yang ditinggal di rumah.
Selasa, 9 November 2010, 12:55 WIB
Siswanto

Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat akan membeli ternak hidup milik masyarakat dalam radius 20 kilometer dari Gunung Merapi.

Menurut siaran pers dari Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat yang diterima VIVAnews, Selasa, 9 November 2010, ternak yang akan dibeli jenis kerbau dan sapi.

Adapun rincian biaya pembelian ternak, yakni: kerbau/sapi bakalan/jantan Rp22.000/ kilogram (kg), pedhet Rp5 juta/ekor, sapi dara Rp7 juta/ekor, sapi dara bunting Rp9 juta/ekor, sapi perah laktasi Rp10 juta/ekor, sapi betina Rp20 ribu/kg.

Adapun tujuan pembelian ternak ini yakni agar para pemilik ternak merasa nyaman selama berada di tempat pengungsian. Mereka tidak perlu kembali ke rumah yang masuk kategori kawasan berbahaya demi mengurus ternak.

Pembelian ternak ini bersifat sukarela. Selain membeli ternak, pemerintah juga akan menyediakan tempat penampungan serta bantuan lain berupa pakan ternak.

Pembelian ini sekaligus dimaksudkan untuk menghapus isu bahwa pemerintah hanya ingin mengiming-imingi dan menenangkan pemilik ternak.

Selain itu, pemerintah mengganggap upaya ini dilakukan untuk mempercepat evakuasi para korban ke tempat penampungan yang telah ditentukan. Karena keselamatan warga lebih diprioritaskan.

Category:

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

0 comments