Spesifikasi Samsung Wave 533 GT S5333

Lukas Gentara | 2/05/2011 12:45:00 AM | 10 comments

Blog ini telah dipindahkan ke blog Informasi. Baca Selengkapnya di www.loekas.com

Samsung Wave 533 GT S5333

Display Samsung Wave 533 GT S5333
Dari segi konstruksi, bodi plastik Wave 533 nan solid mengingatkan kembali pada ponsel layar sentuhnya terdahulu Samsung Star. Bedanya, ponsel ini lebih fleksibel, dimana tak hanya layar sentuh capacitive tapi juga menyediakan keypad QWERTY slider.

Ketebalan bodinya(15,5 mm) tergolong standar meski sudah ditumpangi keyboard fisik yang bisa disembunyikan lewat mekanisme geser. Tutsnya keypad QWERTY berukuran besar memiliki pola flat dengan ruang pemisah di setiap sela-selanya. Nyaman dipakai, namun dengan menggunakan kuku pengetikan terasa lebih efektif.

Untuk Wave 533 dalam variasi warna putih yang diuji PULSA, sang vendor melapisi casingnya dengan layar dan permukaan glossy di sektor depan. Sementara bodi belakangnya dipenuhi pola titik-titik kecil menonjol yang ternyata cukup membantu supaya ponsel ini tak terlalu licin dan nyaman saat dipegang.

Di area sisi bodi, vendor menyisipkan beberapa tombol fungsi dan port. Antara lain tombol volume di sisi kiri, port micro USB dan port audio 3,5 mm di sisi atas. Sementara di sisi kanan tertanam tombol daya/kunci dan shutter kamera. Di bodi belakang tertanam kamera di bagian atas dan lubang speaker di kanan bawah.

Soal tombol, di panel utama Samsung Wave hanya menyertakan tiga buah tombol fisik di bagian bawah layar utama. Yakni tombol panggil (untuk melakukan panggilan telepon), tombol menu (untuk mengakses menu utama dan task manager) serta tombol akhir (untuk mengakhiri panggilan serta kembali ke homescreen).

Interface Samsung Wave 533 GT S5333
Wave 533 mengusung layar sentuh TFT 3,2 inci bersensor capacitive. Penawaran menarik lantaran di kisaran harga setaranya, tak banyak vendor berani menanamkan sensor jenis ini. Lebih jauh, meski layar ponsel hanya ditunjang resolusi WQVGA (240x400 piksel) serta kedalaman 256 ribu warna, gambar tetap jernih dan fokus.

Dalam ponsel ini, Samsung sudah menyuntikkan OS Bada v 1.1 yang bekerjasama dengan TouchWiz 3.0 user interface. Saat dijajal layar sentuhnya, terasa intuitif dan ramah terhadap sentuhan jari. Lebih sensitif ketimbang ponsel berbasis sensor resistive.

OS Bada memang menjadi faktor penting dalam menunjang tampilan antarmuka Wave 355. Namun, jika diperhatikan, konsep OS Bada terasa mengekor OS Android yang sama-sama merupakan platform terbuka. Anda akan menemukan tipikal panel homescreen dan menu utama yang mirip.

Pada homescreen misalnya terdiri dari multi panel yang bisa diakses dengan menggeserkan jari di layar ke arah samping. Samsung Wave 533 menyediakan pilihan hingga 10 panel. Alhasil, Anda bisa menyematkan banyak widget dalam setiap panel.

Hal serupa lain adalah tersematnya tab notifikasi di bagian atas layar homescreen yang bisa dibuka dengan cara menariknya ke bawah menggunakan jari. Di tab ini, ada fasilitas praktis untuk mengaktifkan fitur seperti Wifi, Bluetooth dan mematikan suara dering.

Agak berbeda pada bagian menu utama. Jika pada ponsel berbasis Android kebanyakan menerapkan menu grid pola gulung ke bawah , maka Anda akan mendapati menu utama (grid) Samsung Wave 533 tampil dalam bentuk multi panel.

Wave 533 bisa melakukan aktivitas multitasking (menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dalam waktu bersamaan). Tapi ingat, jika terlalu banyak aplikasi aktif sekaligus maka ponsel bakal sedikit lag atau tersendat-sendat dalam pengoperasiannya. .

Nah, untuk mengelola atau mematikan aplikasi yang tengah berjalan mudah sekali. Cukup dengan menekan dan menahan tombol menu maka Anda bisa mengakses Task Manager. Sebagai perbandingan, pada Android versi 2.2 ke bawah tak tersedia aplikasi bawaan seperti halnya pada Wave 355 ini.

Beberapa sisipan menarik dalam Wave 533 adalah tersedianya dua pilihan fontasi (huruf) yakni Samsung font dan Rosemary. Sensor akselerometer untu auto rotate dan fitur multitouch untuk melakukan zooming halaman dengan cara mencubitkan jari di layar.

Pada beberapa aplikasi tertentu, Anda bahkan bisa mengubah urutan tab dengan menekan dan menahan tab bersangkutan agak lama lalu menggesernya. Bahkan, Anda bisa membuat screenshot layar dengan cara menekan tombol daya/ kunci dan tombol menu secara bersamaan.

Sayang, tak terdapat akses galeri foto/video di menu utama, sehingga untuk melihat hasil jepretan kamera, Anda harus mengakses folder dalam My Menu terlebih dahulu.

Internet Samsung Wave 533 GT S5333
Keberadaan browser Samsung Dolphin 2.0 membuat kemampuan selancar internet pada Wave 533 cukup menjanjikan. Fitur multitouch bisa dinikmati via browser ponsel ini.
Tapi tak tersedia dukungan Flash dan interface yang kurang nyaman untuk resolusi layar ponsel ini menjadi catatan tersendiri.

Lebih dari itu, koneksi data Samsung Wave 533 hanya terbatas jaringan GPRS/EDGE.

Untung saja, ponsel cerdas berplatform Bada ini menyuguhkan fitur Wi-Fi. Sehingga koneksi data internet lebih cepat bisa dinikmati via hotspot yang tersedia.

Kamera Samsung Wave 533 GT S5333
Kamera 3 megapiksel Samsung Wave 533 memiliki tampilan ala TouchWiz 3.0. pengoperasiannya sudah disesuaikan dengan kebutuhan layar sentuh. Fungsi yang disediakan pun sudah lengkap ala kamera digital. Sayang, tak ada lampu flash sebagai penunjang.

Gambar yang dihasilkan cukup menjanjikan. Memotret dalam kondisi outdoor dengan cahaya memadai, Anda akan memperoleh gambar dengan fokus tajam, detil dan komposisi warna cukup. Hasil foto indoor sedikit dipenuhi noise dan ketajamannya berkurang. Soal video, Anda bisa menikmati hasil rekaman dengan kualitas setara QVGA pada 15 fps.

Audio/Video Samsung Wave 533 GT S5333
Pemutar musiknya termasuk prima dengan beberapa fitur khas Samsung. Selain memberikan lubang suara yang terpisah, teknologi pengolah audionya cukup menjajnjikan. Sebut saja SRS SC Headphone yang memberikan efek suara 5.1 surround lebih via headset. Juga fitur WOW HD yang kaya akan suara bass.

Ciri khas ponsel Samsung, kejernihan suara Wave 355 cukup teruji. Loudspeakernya mampu menyemburkan suara renyah dan nyaman di telinga dengan tingkat volume tak terlalu keras. Anda bisa menikmati format file mp3, aac, wma, m4a via pemutar musik ini.

Media hiburan lain, Samsung Wave 355 menyediakan radio FM. Untuk mengaktifkannya, Anda harus mencolokkan headset ke port audio 3,5 mm-nya. Fitur perekam disisipkan dalam radio FM ini.

Terbenam pula pemutar video. Namun, fasilitas ini hanya bisa menyetel video dalam format 3gp dan mp4. Jadi Anda belum bisa menikmati DivX/Xvid. Video yang diputar pun hanya bisa diputar sesuai dengan resolusi layar.

Fitur Lain Samsung Wave 533 GT S5333
Samsung Wave 355 menyediakan Social Hub yang mengintegrasikan aktivitas email dan fitur jejaring sosial secara terpadu. Dalam aplikasi My Accounts, Anda bisa menambah atau mengubah akun yang terpasang di Social Hub. Fitur ini bermanfaat karena bisa melakukan sinkronisasi antara situs jejaring sosial dengan akun Anda.

Beberapa aplikasi yang sudah terintegrasi antara lain situs jejaring sosial adalah Facebook, Twitter dan Myspace. Juga Gmail, Exhange ActiveSync, Windows Live Hotmail dan menambahkan akun email lain

Tersedia juga akses ke layanan Samsung Apps. Banyak aplikasi yang sudah bisa dibenamkan untuk platform Bada. Mulai dari game, aplikasi perkantoran, hingga aplikasi untuk meningkatkan kinerja ponsel.

Fitur lain yang tersedia dalam ponsel ini adalah fake call, mobile tracker dan music recognition. Samsung Wave 533 juga sudah dibenami fasilitas GPS dan A-GPS, sayang tak disertai dengan aplikasi navigasi untuk mendukungnya.

KesimpulanSebagai ponsel berbasis OS Bada pertama dengan keypad QWERTY, Samsung Wave 533 memiliki daya tarik tersendiri. Namun, jika digali lebih akses data yang hanya setara GPRS/EDGE kurang memadai. Resolusi layar pun semestinya bisa lebih baik untuk ukuran ponsel layar sentuh.

Namun jika menengok banderolnya, kelengkapan Wave 533 tentu cukup menggiurkan. Tengok saja berbagai fasilitas yang disuguhkan mulai dari fitur multimedia, keypad QWERTY, layar sentuh prima, konektivitas sekelas Wifi, GPS hingga interface yang mudah dikelola.

Keunggulan: integrasi ponsel dengan situs jejaring sosial, multitouch, multitasking, sensor capacitive,OS Bada dan UI TouchWiz 3.0

Kelemahan: belum 3G, resolusi layar rendah (untuk ukuran ponsel layar sentuh), pemutar video standar


Harga
Rp.1,900,000
HSDPA
Tidak
Kamera
 Ya
3G
Tidak
Video Call
 Tidak
WLAN
Ya
Memory Ext
 Ya
Bluetooth
Ya
Email
 Ya
Infrared
Tidak
Music Player
 Ya
Browser
Ya
Video Player
 Ya
Java MIDP
Ya
Video Recorder
 Ya
GPS Internal
Ya
OS Terbuka
 Ya
Aplikasi Navigator
Tidak
Radio FM
 Ya
GSM 850/900/1800/1900; 10,95x5,5x1,52 cm; 118 gram; layar sentuh TFT kapasitif 256 ribu warna (240x400 piksel); OS Bada 1.1; TouchWiz UI 3.0, multi-touch zoom; kamera 3.15 MP, 2048x1536 pixels, geo-tagging, video; SMS, MMS, Email, Push Email, IM, RSS; Stereo FM radio with RDS; GPRS 10, EDGE 10, Browser WAP 2.0/xHTML, HTML; polifonik (MP3), GPS (A-GPS), java MIDP 2.0, Wi-Fi 802.11 b/g/n, jack audio 3,5 mm, player MP4/H.263/H.264, player MP3/WAV/eAAC+, voice memo, organizer, music recognition, image editor, predictive text input, speakerphone, Bluetooth v3.0 (A2DP), port microUSB 2.0, Social Hub (Facebook, Twitter dan Myspace, Juga Gmail, Exhange ActiveSync, dll, Samsung Apps, fake call, mobile tracker
Baterai Li-ion 1200 mAh
Ponsel, headset, charger, label data, baterai, buku manual, kartu garansi

Category:

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

10 comments

  1. Anonymous says:

    aku puny hape tipe ini dan yg aku penasaran amp skrg, gimna cara bikin speed dial di wave 5333 ini?
    tolong bet ya soalny fitur ini mesti bgt.
    thnks

  2. Anonymous says:

    Ak beli Samsung Omnia Pro B7320 10bulan yang lalu (maret 2010) tapi baru saja2bln dipakai HP ini ud nge-hang (ringtone n windows media player tidak bunyi). Ak bawa ke servis center ktnya krna sofwarenya saja jd cm di upgrade ulang, it penyebabnya krna virus yg didpt dr bluetooth atau PC(apabila suka mentransfer data ke PC), dan ak dianjurkan unt install anti virus, anti virus ud diinstall tp permasalahan yg sama ttp muncul. ak pun tidak menggunakan bluetooth dan tidak mentransfer data baik dr PC ke HP ataupun dr HP ke PC. Slama itu,stiap bulan HP ini mengalami masalah yg sama dan stiap bulan jg HP ini di upgrade ulang,sampai pd novembr servis center memutuskan unt ganti mesin. Ak kira masalah sudah selesai,namun hanya selang2bulan,yaitu bulan januari2011,HP ini mengalami permasalahan yg sama.Dan unt aplikasi internetnya termasuk lemot namun memakan pulsa.
    Yg ak mau tanyakan?ap penyebab HP ini sllu nge-hang?Apakah Samsung Omnia Pro B7320 ini trmsuk produk gagal??
    Ak berencana unt ganti HP Samsung Wave 533 GT 5333.Apakah kelebihan Samsung Wave dg Omnia Pro.Apakah Samsung Wave mempunyai kemungkinan ngehang spt Samsung Omnia Pro?

  3. likers says:

    anq mau jual hp ini, coz jarang dipake, baru dipake 3 bulanan, masih garansi, warna hitam, masih komplit, belum pernah rusak/jatuh. ditawarkan di Rp. 1.500.000 (call/sms: 085641044511)

  4. husain says:

    aku pengen nyoba bada jadinya

  5. Ass agan-agan...
    saya mau jual hp ini...sudah saya pake 1th si...tapi saya jamin barang masih mulus, belum pernah rusak atau service, warna putih + memory external 2GB. semua perlengkapan masih kumplit. saya hanya jual dengan harga yg sangat murah yaitu Rp. 900.000 (untuk pengiriman, free ongkir)
    bila anda minat, sms ke nomor 085729552666

  6. raul says:

    gimana crmeriset mmori tlpon..

  7. raul says:

    gmn cr meriset mmri samsung wave GT S5333

  8. viie says:

    Gmna cara ya download whatsapp???

  9. Anonymous says:

    kalo pengen beli casing nya dimana kk
    tolong di bantu ya
    sms saya 08993740459

  10. Gmna cara ya download whatsapp???