Gejala Kanker Payudara yang Tidak Disadari

Lukas Gentara | 1/19/2012 03:47:00 AM | 3 comments

Gejala Kanker Payudara yang Tidak Disadari oleh kaum wanita -  Kanker payudara merupakan penyakit yang sangat menakutkan, terutama bagi wanita. Meskipun hal ini berlaku bagi pria. Tapi studi-studi membuktikan bahwa wanita lebih rentan terserang penyakit ini dibanding pria.

Dikarenakan penyakit ini sangat berbahaya jika sudah mencapai stadium lanjut, maka perlu penanganan sedini mungkin. Untuk bisa melakukannya kita harus tahu bagaimana gejala-gejala kanker payudara sehingga bisa langsung memeriksakan ke dokter spesialis.

Dan berikut ini merupakan gejala-gejala kanker payudara yang seringkali tidak disadari oleh kaum wanita:

1. Rasa Gatal, Sakit dan Payudara Memerah

Adanya ruam pada kulit atau rasa panas saat menyentuh payudara merupakan tanda-tanda kanker payudara inflamasi (KPI), penyakit yang jarang dan mematikan namun tidak terlalu dikenal. KPI dapat menyebabkan payudara membengkak, iritasi serta timbulnya rasa nyeri. Selain itu KPI juga menyebabkan kulit memerah bahkan ungu seperti memar. Awalnya KPI disertai dengan rasa pegal seperti saat pra-menstruasi (PMS) dan gatal seperti terkena alergi. Namun kedua rasa tersebut tidak bisa hilang dalam waktu dekat.

2. Sakit Punggung Bagian Atas

Meskipun tak banyak, namun ada beberapa kasus kanker payudara yang diawali dengan gejala sakit punggung. Biasanya rasa sakit tersebut terdapat pada area punggung atas atau diantara tulang belikat. Sakit punggung ini hampir sama seperti nyeri otot, tendon atau osteoartritis tulang belakang, jadi cukup sulit untuk membedakannya. Hal ini terjadi akibat kanker yang mendorong dinding dada ke arah tulang rusuk dan tulang belakang.

3. Adanya Perubahan Pada Puting Payudara

Salah satu lokasi kanker payudara yang paling umum adalah di bawah puting. Oleh karena itu, jika puting Anda berubah bentuk atau warna ada baiknya segera memeriksakan hal tersebut ke dokter. Selain bentuk dan warna, puting berdarah, berair atau kulit sekitar puting menjadi bersisik, bisa menjadi beberapa gejala kanker payudara.

4. Berubahnya Bentuk dan Ukuran Salah Satu Payudara

Tidak semua kanker menimbulkan benjolan yang cukup besar. Seorang wanita di California mengetahui bahwa ia menderita kanker payudara setelah melihat bahwa bentuk salah satu payudaranya menjadi lebih lonjong, rendah dan agak mencuat ke satu sisi.

Salah satu cara yang paling baik untuk mengetahui perubahan payudara Anda adalah dengan mengenal bentuk dan penampilannya dengan baik. Duduk menghadap cermin dan perhatikan perbedaannya. Anda juga bisa mengetahuinya jika salah satu cup bra terasa sangat ketat sedangkan yang lain tidak.

Category:

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

3 comments

  1. good tips gan
    mampir juga ya
    http://raulalfithrahnazs.blogspot.com/

  2. utar says:

    penyakit kanker bisakah diobati oleh obat tradisional, kiranya apa obatnya ya?

  3. Mama nya temen saya meninggal gara-gara kanker ini. Apa ada cara lain ya yang lebih bagus selain di kemoterapi?